Rabu, 23 Maret 2011

Virus Paling Mematikan

Posted by Muhammad Rifqi Aziz 07.28, under | No comments

TEMPO Interaktif, Jakarta: Conficker, virus komputer paling mematikan saat ini, bakal makin digdaya oleh varian barunya yang telah beredar. Laporan majalah Populer Science edisi April 2009 membahas “keturunan baru” virus tersebut. Muncul pertama pada Oktober 2008, Conficker telah melanda seluruh dunia: sekitar 6 juta komputer kena infeksinya setiap bulan.

Di antaranya, jaringan komputer angkatan laut Prancis dan kementerian pertahanan Inggris. Dia pun menjadi penebar endemi terbesar di dunia komputer sejak SQL Slammer pada 2003.

Selain Conficker, ada empat virus lain--sudah  mewabah--yang menakutkan para pemilik komputer. Cara klasik dan terbaik menghindari serangan: bikinlah salinan data.

1. Conficker

Nama lain:
Downup, Downadup, atau Kido.

Asal kata:
Gabungan kata bahasa Inggris “configure” (merancang sesuatu) dan slang Jerman kuno “ficker” (ajakan berhubungan seks).

Pembuat:traficconverter.biz

Bentuk file:
autorun.inf dengan folder RECYCLER.

Efek infeksi:
Komputer tak bisa membuka situs yang mengandung antivirus atau Microsoft update
Berbentuk DDL (dynamic link library), Conficker menyerang program Microsoft Windows 2000, Windows XP, Vista, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows 7 Beta, dan Windows Server 2008 R2 Beta. Di Indonesia, virus menyebar melalui flash disk.

2. Autoit
Jika Anda mendapat pesan dari teman Yahoo! Messenger berisi tautan dan ajakan mengklik, jangan terbujuk. Ini tipikal cara autoit memakan korban. Banyak sudah yang tertipu karena korban menyangka pesan virus itu betul-betul ajakan dari teman. Serangannya membuat komputer membuka situs-situs yang tak dikehendaki.

3. FreeMine
Bentuknya mirip ikon Microsoft Word. Jika sudah menjangkit, virus ini akan menjalar dan memodifikasi beberapa program legal seperti explorer.exe. Virus ini menyebar melalui flash disk dengan kode autorun.inf dan Free_Mine.exe. Antivirus sekalipun tak bisa mendeteksi keberadaannya meski programnya sedang mengaudit. Virus lokal ini menggunakan Visual Basic. Efektif untuk mematikan koneksi.

4. Recycler
Berjangkit dengan cara bersembunyi dalam direktori Recycler/Recycler/Recycle Bin. Kode virusnya bisa menembus lalu ngendon di explorer.exe sehingga antivirus sulit menumpasnya.

5. Yuyun.vbsCirinya, mengganda-gandaka file duplikat, dengan menggunakan Thumb.db sebagai induk. Kehadirannya tersembunyi di sebuah folder bernama Microsoft. Jika diklik, folder ini akan membuka akses ke folder lain, lalu secara berbarengan mereka menggasak file-file di komputer. Virus ini hadir dalam keadaan terenkripsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Ini. Diberdayakan oleh Blogger.

About

Berita Panas, Berita Terbaru, Berita Lama, Berita Unik, Berita Aneh, semuanya ada di sini.

Tags

Blog Archive

Blog Archive

Blog Archive