Minggu, 03 April 2011

Warga di Sekitar Kilang Pertamina Kembali ke Rumah

Posted by Muhammad Rifqi Aziz 00.51, under | No comments

Kebakaran kilang Pertamina Cilacap (ist) 
CILACAP - Api yang membakar kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah masih belum padam. Namun, sejumlah warga yang sempat diungsikan semalam, pagi tadi sudah dikembalikan ke rumah masing-masing.

"Mereka sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Karena api yang berkobar sudah mulai mengecil," kata seorang petugas kepolisian saat ditemui di lokasi kejadian, Minggu (3/4/2011).

Sementara warga yang dipulangkan ke rumah terlihat masih waspada. Sebab, jika sewaktu-waktu api membesar, maka mereka akan kembali dievakuasi. Warga dievakuasi dalam kisaran satu kilometer dari lokasi kejadian. Batas tersebut merupakan wilayah aman yang ditentukan petugas di lapangan.

Api yang membakar tangki 31-T2, 31-T3 dan 31 T7 milik kilang Pertamina Cilacap, hari ini sudah mulai meredup. Sejumlah upaya terus dilakukan Pertamina termasuk menyemprotkan foam (racun api) dengan menggunakan helikopter.

Selain upaya pemadaman yang telah dilakukan, Pertamina juga memfokuskan pada upaya pendinginan dengan menggunakan air terhadap tangki 32T-104 yang berada disebelah Timur tangki 31-T7.

Saat ini, tangki 32T-104 telah dilokalisir dengan menyemprotkan air kepada tanki sehingga membentuk tirai air untuk menstabilkan suhu pada tangki tersebut. Sementara itu Ring Water Springkler yang berada di sekitar tangki juga masih berfungsi secara otomatis.

Adapun penggunaan foam terus dilakukan kepada tangki 31-T2, 31-T3 dan 31-T7 dengan menggunakan Nozzle Watercanon Foam yang berjarak tembak 20 Meter, Teleskopic Foam dengan jarak tembak 30 Meter, Terminator Gun Foam yang menembakan Foam dengan volume 3.000 Galon/menit serta injeksi selang khusus kepada Foam Chamber.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Ini. Diberdayakan oleh Blogger.

About

Berita Panas, Berita Terbaru, Berita Lama, Berita Unik, Berita Aneh, semuanya ada di sini.

Tags

Blog Archive

Blog Archive

Blog Archive