Sabtu, 12 Maret 2011

[HOT] Gempa Jepang Geser Poros Bumi Hampir 10 Cm

Posted by Muhammad Rifqi Aziz 23.46, under , | No comments

TOKYO--MICOM: Gempa bumi yang juga diikuti oleh tsunami telah melumpuhkan hampir seluruh pesisir Jepang. Tidak hanya itu, menurut data yang didapat dari National Institute of Geophysics and Volcanology yang dilansir oleh situs CNN, akibat gempa ini, poros bumi telah mengalami pergeseran.

Seperti dilansir dari National Institute of Geophysics and Volcanology di Italia, Sabtu (12/3) waktu setempat,mereka memperkirakan gempa berkekuatan 8,9 pada skala Ritchter telah menggeser bumi pada porosnya dengan hampir 4 inci (10 cm).





Gempa, yang melanda Jumat sore di dekat pantai timur Jepang, menewaskan ratusan orang. Air setinggi 30 kaki menyapu sawah, menelan seluruh kota, menyeret rumah ke jalan raya, dan melemparkan mobil dan kapal seperti mainan. Di beberapa bagian, gelombang tinggi itu masuk hingga sejauh 10 km ke daratan di Prefektur Miyagi di pantai timur Jepang.

Gempa kali ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah Jepang dengan mengantarkan gelombang tsunami melintasi Samudera Pasifik, memicu peringatan tsunami untuk 50 negara hingga pantai barat Kanada, Amerika Serikat, dan Cile. Gempa memicu lebih dari 160 gempa susulan dalam 24 jam pertama - 141 berkekuatan 5,0 SR atau lebih.

Gempa itu terjadi akibat kerak bumi pecah di sepanjang wilayah seluas 64 ribu km2 karena lempeng tektonik tergelincir lebih dari 18 meter, kata Shengzao Chen, seorang ahli geofisika USGS. (*/CNN.com/OL-2)

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Ini. Diberdayakan oleh Blogger.

About

Berita Panas, Berita Terbaru, Berita Lama, Berita Unik, Berita Aneh, semuanya ada di sini.